Studio Audio Visual Puskat
  • Hubungi Kami
  • Testimoni
Selasa,05 Juni 2018 01:02 | Berita | 87 Views | 0 Comments
Pelatihan  Video Jurnalistik SIGNIS Indonesia

SIGNIS Indonesia untuk kesekian kalinya menyelenggarakan berbagai training yang bertujuan memberikan pembekalan penguatan kapasitas (Capacity Building) bagi para anggotanya di bidang media. Kali ini training bertemakan “Video Jurnalistik” diselenggarakan pada 16 – 18 Mei 2018  di Denpasar, tepatnya di gedung Keuskupan Denpasar Bali.

Latar belakang tema training/pelatihan ini karena di era kemajuan teknologi media komunikasi arus informasi bagai membajir di hadapan kita dengan berbagai issue. Bukan hanya membanjir  tetapi juga begitu cepatnya. Padahal menurut faktanya berita yang tercepat sampai di hadapan pembacanya belum tentu akurat. Tempo dulu secara teori bisa dikatakan berita harus disajikan secara cepat kepada khalayaknya. Namun saat ini kecepatan tidak menjamin ketepatan, akurasi validitas beritanya. Oleh sebab itu sering bermunculan berita “hoax”.

Munculnya teknologi internet, media sosial, android, dunia seakan dalam genggaman tangan. Informasi apa pun, dari belahan dunia mana pun bisa dengan cepat tersebar ke khalayak. Pertanyaannya, apakah informasi itu dapat dipertanggung jawabkan atau sesuai dengan fakta dan kebenarannya? Apa motivasi sumber berita menulis, memproduksi lalu menyebarkan ke khalayak? Kebenaran dan ketulusan motivasi ini sekarang menjadi tantangan bagi para pekerja media. Tidak jarang media disalah gunakan untuk menyebarkan berita bohong (hoax) dan berita palsu (fake news) tujuannya untuk mencapai ambisi pribadi dan kelompoknya dengan menjatuhkan bahkan tidak segan-segan memfitnah pribadi atau kelompok lain. Media beralih fungsi “menjadi alat penyerang,” bukan lagi sebagai saluran penyampai kebenaran, kejujuran, kedamaian atau nilai-nilai keutamaan yang lain.

Jika hal ini dibiarkan terus menerus, media akan kehilangan martabatnya, hubungan  antar manusia pun akan semakin rusak. Karena itu SIGNIS Indonesia, lembaga Gereja Katolik yang bergerak di bidang media bersikap untuk mengembalikan harkat dan esensi media sebagai pembawa pesan nilai-nilai keutamaan. Salah satunya dengan menyelenggarakan pelatihan video jurnalistik selama tiga hari. Peserta yang hadir sejumlah 39 orang dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Pelatihan ini bisa dikatakan “dari, oleh, untuk peserta anggota SIGNIS Indonesi.” Karena pemateri FX. Tri Mulyono, Slamet Budiharjo keduanya dari Studio Audio Visual Puskat (SAV) Puskat dan Borgias Edgar dari Komisi Sosial Keuskupan Agung Semarang (KOMSOS KAS) yang merupakan anggota SIGNIS. Peserta adalah utusan dari lembaga-lembaga anggota SIGNIS di seluruh Indonesia.

Ada pun materi yang digagas bersama meliputi Dasar-Dasar Sinematografi, Pengenalan Kamera dan Editing, Dasar-Dasar Jurnalistik, Produksi Liputan. Selama tiga hari penuh para peserta menggeluti materi tersebut, dan menghasilkan 8 (delapan) produksi liputan. Lokasi liputan masih di sekitar Denpasar dan tidak jauh dari lokasi pelatihan karena keterbatasan waktu. Di Bajra Shandi, Pantai Sanur, Batik Painting, Pemahat dari bahan batu buatan. Dari latihan produksi tersebut para peserta diajak  untuk memahami dari berbagai aspek ketrampilan dan kemampuan. Konsep jurnalisme, kemampuan melihat, mengamati situasi di lapangan, kemampuan menentukan “point of view/point of interest”, dan kemampuan teknis peralatan. Dengan demikian peserta diharapkan mampu berkomunikasi secara benar sesuai fakta dan kebenarannya melalui media audio visual yang mempunyai karakteristik tersendiri sebagai media penyampai pesan.

Inilah salah satu usaha SIGNIS selaku pengemban media pewarta Kabar Suka Cita yang selalu hadir di tengah arus zaman. Adaptif, fleksibel, dan profetis. (FX. Tri Mulyono)

 

 

 

Promo Domain Murah