(0)

Berita

SAV Puskat Berbagi Ilmu di Program Magister Sekolah Tinggi Pastoral IPI Malang Training Pembinaan Pastoral Berbasis IT

14 Desember 2018 | Berita | FX. Tri Mulyono | 131 Views

Tim Studio Audio Visual Puskat (SAV Puskat) Yogyakarta diundang oleh Program Magister Sekolah Tinggi Pastoral IPI Malang, dalam rangka training Pembinaan Pastoral berbasis IT. Dalam hal  ini SAV Puskat (diwakili oleh FX. Tri Mulyono dan Bartholomeus Bimo Indharto) diminta untuk memberikan materi Training Produksi program video untuk keperluan berpastoral menanggapai tuntutan zaman. Training diikuti sejumlah 22 peserta, terdiri dari 9 mahasiswa program magister dan  13 dari program strata satu.

Pada dasarnya konsep training ini tidak sekedar how to make tetapi juga how to use.  Peserta diharapakan tidak sekedar mampu membuat programnya namun juga mampu memanfaatkan, menggunakannya dalam karya pastoral dan katekese mereka. Maka tahapan training ini dibagi dua bagian. Bagian Pertama:  Peserta diperkenalkan dengan latihan memproduksi program video. Adapun tema yang diangkat seputar tema yang relevan, kontekstual, namun juga menarik sebagai materi berkatekese.  Format program video yang diproduksi peserta: ILM (Iklan Layanan Masyarakat, Instruksional dan video musik. Bagian Kedua: Peserta diperkenalkan dengan metode group media melalui langkah-langkah SOTARAE (Situasi, Objektif, Tema, Analisis, Rangkuman, Aksi dan Evaluasi). Langkah SOTARAE dalam group media ini sebagai langkah analisis media dan membuat rencana aksi agar terjadi perubahan atau setidaknya ada perbaikan perilaku. Selanjutnya peserta mengalami simulasi dengan metode group media dalam kelompok training sendiri berdasarkan media program video yang mereka produksi sendiri juga. Metode group media ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk berkatekese umat.

Dari hasil evaluasi bersama, peserta merasa dan menganggap bahwa training ini sangat bermanfaat dan sangat menyenangkan.

Berita Terbaru

Sinopsis Penyejuk Imani Katolik di Indosiar tanggal 13 Januari 2019 "Belajar Toleransi"

Ikuti Penyejuk Imani Katolik, INDOSIAR, Minggu, 13 Januari 2019 jam 04.00 ...


Sinopsis Penyejuk Imani Katolik di Indosiar tanggal 30 Desember 2018 "Perhatian untuk yang Terpencil"

Penyejuk Imani Katolik, INDOSIAR, Minggu,   30 Desember 2018,  jam 04.00 ...


Tambo Jentera Muda

Pada Hari Minggu 16 Desember 2018 sore hingga malam saya ...


Foto Terbaru

Video Terbaru