(0)

Berita

Festival Film Puskat ke-7, 2021 "Stories of The Survivors The Reborn of Solidarity kembali digelar

03 September 2021 | Berita | Admin | 1102 Views

STORIES OF THE SURVIVORS THE REBORN OF SOLIDARITY

FESTIVAL FILM PUSKAT KE-7, RUEDI HOFMANN MEDIA AWARDS

Rekan-rekan muda pegiat film di Indonesia,

Selamat berjumpa kembali di Festival Film Puskat yang ke-7, Ruedi Hofmann Media Awards tahun 2021. Pandemi belum juga berakhir. Pandemi telah mengubah cara hidup manusia di seluruh dunia. Demikian juga dengan  yang terjadi pada jagad film, baik di Indonesia maupun di seluruh dunia. Cara orang menonton film pun juga ikut berubah. Film yang dahulu hanya bisa ditonton di bioskop-bioskop, sekarang bisa ditonton dimana saja hanya dengan gawai yang ada di genggaman tangan kita.  Karena perubahan-perubahan yang terjadi selama pandemi ini, Festival Film Puskat yang ke-7 di tahun 2021 ini juga sedikit mengubah gaya festival film puskat tahun 2021 ini. Tahun ini Festival Film Puskat masih menjalankan Festival Film secara daring. Dan Festival Film Puskat kali ini dijalankan dalam bentuk workshop. Maka tahun ini pula, Festival Film Puskat tidak mencari entries dalam bentuk film pendek, tetapi kami mencari entries dalam bentuk proposal. Dari proposal-proposal yang masuk Festival Film Puskat yang ke-7 ini akan memilih 2 film pendek dokumenter dan 2 film pendek fiksi, dan masing-masing film yang terpilih akan menerima grand sebesar 15 juta rupiah untuk memproduksi film pendeknya dan juga mengikuti workshop untuk persiapan produksi film pendeknya. Deadline pengumpulan proposal film satu bulan setelah Festival ini dilaunch, yaitu tanggal 3 Oktober 2021. Proposal-proposal yang terpilih akan menjalani forum pitching bersama dewan juri dan perwakilan panitia Festival Film Puskat. Rekan-rekan muda para pegiat film jangan ragu untuk mulai menggagas ide dan mulai menuliskan dalam sebuah proposal film dan mengirimkannya ke Festival Film Puskat sebelum tanggal 3 Oktober 2021.

Tema Festival Film Puskat yang ke-7 tahun 2021 adalah “Stories of The Survivors, The Reborn of Solidarity”. Tema ini terumuskan karena terinspirasi oleh Shelter Kampoeng Media yang dibuka untuk para pasien covid 19 yang terindikasi tanpa gejala dan mandiri, namun tidak ada tempat di rumah untuk melakukan isolasi. Tentu saja Shelter Kampoeng Media hanya salah satu dari banyak shelter yang lain yang sudah lebih dahulu dibuka untuk isolasi mandiri. Shelter-shelter ini menjadi tanda lahirnya kembali solidaritas yang sudah lama tidak terdengar lagi di dunia pergerakan masyarakat. Pandemi ini telah mengingatkan kita kembali akan pentingnya solidaritas di tengah-tengah kehidupan masyarakat zaman ini.

Tentu saja film-film yang akan diproduksi bukan hanya cerita tentang shelter saja, tetapi lebih-lebih kisah tentang sosok-sosok para pejuang di tengah pandemi ini. Kita akan memberi apresiasi kepada para pejuang kemerdekaan melawan covid di tengah-tengah pandemi ini. Film-Film yang akan diproduksi bisa berkisah tentang para tenaga kesehatan yang selama ini berjibaku menjadi garda depan melawan covid 19, bisa juga mengangkat kisah-kisah orang-orang biasa yang sangat peduli  pada kesehatan masyarakat dalam melawan covid 19, bisa juga para penyintas, sosok-sosok yang survive malawan covid 19, bisa juga kisah-kisah tentang para terdampak covid namun terus kreatif menemukan solusi-solusi untuk mengatasi keadaan. Dan masih banyak cerita-cerita lain yang bisa diangkat untuk terus melihat sisi terang di balik pandemic yang belum berakhir ini.

Rekan-rekan muda pegiat film, Acara puncak Festival Film Puskat ke-7 tahun 2021 ini akan berpuncak pada 20 Desember 2021. Selamat mengirimkan proposal, selamat mengikuti workshop, dan selamat memproduksi film-film pendek yang berkwalitas, dan jangan pernah menyerah, teruslah berjuang dan tetap kreatif. Sekian dan Terima kasih!

 

Yogyakarta, 31 Agustus 2021

FX. Murti Hadi Wijayanto,SJ

Direktur Festival Film Puskat 2021

 

*Formulir Pendaftaran dan Poster bisa diunduh di menu Download website di atas

Berita Terbaru

Proposal Film yang Terpilih Mendapatkan PENDANAAN Festival Film Puskat ke-7, 2021 Stories of The Survivors, The Reborn of Solidarity

PROPOSAL FILM YANG TERPILIH MENDAPATKAN PENDANAAN Festival Film Puskat ke-7, 2021 Stories ...


Proposal Film yang terpilih mengikuti PITCHING Festival Film Puskat (FFP) ke-7, 2021

  PROPOSAL FILM YANG TERPILIH MENGIKUTI PITCHING Festival Film Puskat ke-7, 2021 Stories ...


Terima kasih untuk semua Proposal Film yang mengikuti Festival Film Puskat (FFP) ke-7, 2021

  Festival Film Puskat (FFP) ke-7, 2021 RUEDI HOFMANN MEDIA AWARDS ...


Foto Terbaru

Video Terbaru