(0)

Berita

Training MC dan Jurnalistik TV Tendik-USD

26 Oktober 2022 | Berita | YI. Iswarahadi SJ | 684 Views

Training MC dan Jurnalistik TV Tendik-USD

Pada hari Jumat pagi tanggal 21 Oktober sampai dengan Minggu siang tanggal 23 Oktober 2022 diselenggarakan “Training MC dan Jurnalistik TV” di SAV-USD, Sinduharjo. Penyelenggaranya adalah Biro Personalia Universitas Sanata Dharma (USD) bekerjasama dengan Studio Audio Visual – USD. Pesertanya terdiri dari 15 tenaga kependidikan USD yang menjadi bagian dari Tim Livestreaming USD. Inilah pelatihan tahap ke-4.

Training dibuka pada Jumat pagi oleh Kepala Biro Personalia-USD, yaitu Bapak E. Maryarsanto Padmosulistyo, S.E.. Akt., M.M. dan Romo Y.I. Iswarahadi SJ selaku Kepala Bagian SAV-USD. Training ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan sebagai Master Ceremony dan ketrampilan teknis di bidang produksi program audio-visual. Training tahap 4 ini lebih menantang daripada training-training sebelumnya.

Penyelenggara menghadirkan seorang profesional, Mbak Martha Sasongko yang telah banyak makan garam sebagai MC, penyiar radio, reporter dan presenter TV. Pengalamannya yang banyak dan rahasia sukses yang ia bagikan memperkaya pengetahuan dan memotivasi para peserta.  Selebihnya, para peserta didampingi oleh para tutor yang terdiri dari Rm. FX. Murti Hadi Wijayanto SJ, Mas Didiet, Mas Niko, Rm. Y.I. Iswarahadi SJ, dan Mas Mantep, serta  Mbak Kristy selaku koordinator training. Para peserta mendapat ilmu sinematograpi, One Minute Talk di depan kamera, pembuatan naskah liputan dan berita,  liputan di lapangan, teknik editing dan produksi berita di studio.

Para peserta dibagi menjadi dua kelompok produksi. Masing-masing kelompok mempunyai dua reporter/presenter dan tim teknis. Kelompok 1 mendapat tugas meliput Seminar Kesehatan Mental yang diselenggarakan oleh Fakultas Psikologi dan YAKKUM di Kampus III USD, Paingan. Sementara itu, Kelompok 2 meliput Engine Tune Up yang diselenggarakan oleh FST-USD di Kampus Fakultas Teologi, Kentungan.

                                            Liputan Kelompok 1. Seminar Kesehatan Mental

 

                                                 Liputan Kelompok 2. Engine Tune Up

Hasil akhir dari training ini adalah Program Berita yang disyuting di Studio dengan multicamera. Bahan berita adalah hasil liputan yang telah dibuat oleh kelompok  1 dan 2. Ada 4 peserta yang secara khusus ditugaskan menjadi reporter liputan dan presenter berita. Setiap tahap dalam training ini disertai dengan evaluasi bersama. Demikian juga hasil akhir yang berupa Program Berita dievaluasi oleh peserta, para tutor dan staf Biro Personalia. Semua bersyukur, karena program yang dihasilkan oleh para peserta dinilai bagus dengan beberapa catatan perbaikan.

       

 

                                                        Kelompok 1 dan 2. Produksi Program Berita

Pada hari Minggu 23 Oktober 2022 siang, training dinyatakan selesai dan para peserta mendapatkan sertifikat sebagai tanda kelulusan. Para peserta pulang dengan sukacita sambil menunggu tugas-tugas dan tantangan berikutnya. Selamat berkarya. (Iswarahadi SJ).***

Berita Terbaru

LATIHAN BERKOMUNIKASI : Pelatihan Public Speaking untuk Kubina Sarasvita, 22-26 Januari 2024

LATIHAN BERKOMUNIKASI Pelatihan Public Speaking untuk Kubina Sarasvita, 22-26 Januari 2024           Setiap ...


PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN GURU-GURU YAYASAN KANISIUS CABANG YOGYAKARTA

PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN GURU-GURU YAYASAN KANISIUS CABANG YOGYAKARTA Laporan oleh Yoseph ...


Teater Rakyat sebagai Ruangnya para Pemberani dan Penyuara Kebenaran

Teater Rakyat sebagai Ruangnya para Pemberani dan Penyuara Kebenaran Setelah tiga ...


Foto Terbaru

Video Terbaru