(0)

Berita

Memandu Tanpa Ragu, Training Master of Ceremony Tendik USD

16 Desember 2022 | Berita | YI. Iswarahadi SJ | 531 Views

 

MEMANDU TANPA RAGU, TRAINING MASTER OF CEREMONY TENDIK USD

Biro Personalia Universitas Sanata Dharma bersama Studio Audio Visual – USD kembali menyelenggarakan pelatihan bagi para tenaga kependidikan (gelombang ke 5) pada tanggal 9 s.d. 10 Desember 2022. Bidang ketrampilan yang dilatihkan adalah Master of Ceremony. Tempat pelatihan di SAV-USD. Pelatihan ini diikuti oleh 17 peserta dari berbagai unit kerja, Universitas Sanata Dharma.

Dalam pelatihan ini SAV-USD  bekerjasama dengan Ibu Lusy Laksita, seorang MC profesional, sekaligus Trainer Public Speaking dan Managing Director “Lusy Laksita” Partner in Comm. Sesi pertama diampu oleh Ibu Lusy Laksita dengan tema pelatihan “Memandu Tanpa Ragu”. Beliau menyampaikan prinsip-prinsip menjadi Master of Ceremony sebagai Pengolah, Penyaji, Penyampai, Pengantar, dan Pemandu Acara.  Dalam sesi ini para peserta sungguh diperkaya oleh teori dan  pengalaman Ibu Lusy yang begitu banyak.

                                                                                                                        Sesi bersama Ibu Lusy Laksita

Sesi-sesi selanjutnya diampu oleh Tim SAV-USD dengan memahami prinsip dasar dari bahasa yang membujuk. Tugas MC sebetulnya  menyampaikan pesan dengan menyentuh perasaan orang. Sesi ini diampu oleh Romo Murti SJ dan dibantu oleh anggota tim SAV lainnya. Pada pagi hari ada latihan vokal di alam terbuka. Setelah itu,  para peserta dibagi dalam kelompok-kelompok untuk mengerjakan tugas sebagai MC.

                                                                                                                     Evaluasi atas Praktik sebagai MC

Tugas direkam dengan kamera video oleh tim SAV (Mas Didiet, Mas Mantep) dan pada akhir pelatihan diadakan evaluasi bersama. Selain Rm. Murti, Rm. Iswarahadi, dan mbak Kristiani (koordinator training), hadir juga Kepala Biro Personalia yang lebih popular disebut Pak Didik dan Bp. Martono (staf Biro Personalia) untuk ikut mengevaluasi penampilan setiap peserta. Pelatihan ini dialami sebagai pembekalan yang bagus. Para peserta pulang  dengan disposisi lebih siap untuk tugas yang lebih menantang. (Peliput: Iswarahadi SJ).

 

Berita Terbaru

LATIHAN BERKOMUNIKASI : Pelatihan Public Speaking untuk Kubina Sarasvita, 22-26 Januari 2024

LATIHAN BERKOMUNIKASI Pelatihan Public Speaking untuk Kubina Sarasvita, 22-26 Januari 2024           Setiap ...


PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN GURU-GURU YAYASAN KANISIUS CABANG YOGYAKARTA

PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN GURU-GURU YAYASAN KANISIUS CABANG YOGYAKARTA Laporan oleh Yoseph ...


Teater Rakyat sebagai Ruangnya para Pemberani dan Penyuara Kebenaran

Teater Rakyat sebagai Ruangnya para Pemberani dan Penyuara Kebenaran Setelah tiga ...


Foto Terbaru

Video Terbaru