(0)

Berita

Kerjasama Internasional : CPA Dili dan SAV-USD

14 Februari 2023 | Berita | YI. Iswarahadi SJ | 802 Views

Kerjasama Internasional : CPA DIli dan SAV-USD

Pada tanggal 6 s.d. 10 Februari 2023 telah dilaksanakan kerjasama antara CPA Dili dan Studio Audio Visual – USD dalam bentuk training produksi audiovisual yang bertajuk “Basic Training on Documentary Program”  di SAV-USD, Sinduharjo, Yogyakarta.  CPA adalah singkatan dari Centro Producuao Audiovisuel, sebuah studio audiovisual milik Serikat Yesus Regio Timor Leste yang berbasis di Dili. Dapat dikatakan bahwa CPA adalah adik kandung dari SAV-USD (yang dulu bernama SAV Puskat), karena CPA didirikan oleh orang yang sama, yaitu almarhum Romo Ruedi Hofmann SJ pada tahun 2000, sedangkan SAV didirikan 30 tahun sebelumnya, yaitu pada tahun 1970.                                           

Sejak berdirinya,  sudah berkali-kali CPA bekerjasama dengan SAV, baik dengan mengirimkan staf-nya untuk dilatih oleh SAV di Sinduharjo maupun staf SAV yang datang ke Dili untuk melatih mereka. Kali ini CPA mengutus staf generasi baru yang masih muda belia. Mereka berjumlah 10 orang. Mereka ini sudah berpengalaman membuat program yang disiarkan di TV Timor Leste maupun untuk kepentingan lainnya, namun mereka membutuhkan peningkatan kompetensinya supaya dapat berkarya sesuai dengan standar professional.  Mengingat produksi program audiovisual sering membutuhkan kemampuan produksi film animasi, para peserta dibagi dalam dua kelompok. Kelompok 1 yang terdiri dari 6 orang berlatih membuat film dokumenter di Sinduharjo bersama staf SAV. Kelompok 2 yang terdiri dari 4 orang meningkatkan kemampuan produksi film animasi 2D menjadi 3D bersama staf MSV Studio di Universitas AMICOM Yogyakarta.

 

                                                               Para Peserta dari CPA Dili bersama tutor

Training ini  dikoordinir oleh Ibu Elis, dibantu oleh Mbak Kristiani. Sedangkan tutor utama untuk training film dokumenter adalah Romo Murti, dibantu oleh tutor pendamping seperti Mas Itho, Mas Didiet, Mas Haryo, Mas Mantep dan Romo Iswara.  Sejak saat datang  para peserta merasa gembira karena mendapat sambutan hangat dari kakak kandungnya dan dapat tinggal di Kampoeng Media yang luas, hijau dan sejuk. Meskipun kemampuan bahasa Indonesia mereka terbatas, hal ini tidak sangat menghambat proses training. Peserta yang mengikuti training animasi 3D juga antusias, karena mendapat fasilitas komputer animasi yang lengkap di MSV Studio. Mereka dibimbing untuk meningkatkan kemampuan animasi 2D ke 3D, supaya mereka dapat berkarya di CPA dengan lebih baik.

 

                                                                        Pelatihan Animasi 3D di MSV Studio

Para peserta training film dokumenter juga bersemangat untuk kembali mempelajari prinsip-prinsip sinematografi, kamera dan editing. Mereka mendapatkan tugas-tugas sederhana lebih dulu sebelum menyelesaikan tugas akhir yang berupa film dokumenter. Para peserta film dokumenter dibagi dalam dua kelompok kecil. Kelompok Dokumenter 1 mengerjakan film dokumenter yang berjudul “Eksistensi Perak di Kotagede”.  Film ini berbicara tentang suka duka pengrajin perak di Kotagede, proses produksinya dan tantangan-tantangan yang dihadapi. Kelompok Dokumenter 2 menghasilkan sebuah film yang berjudul “Oh Timor, Kurindu Tanah Airku”.  Film ini mengisahkan suka duka dan cita-cita dari mahasiswa asal Timor Leste yang sedang belajar di berbagai universitas di Yogyakarta.

 

  

                                                                     Proses Produksi Dokumenter

Pada sore hari menjelang penutupan training, dua film dokumenter tersebut ditayangkan di depan semua peserta dari CPA dan jajaran para tutor. Kedua film mendapat apresiasi dan kritikan baik dari para peserta sendiri maupun para tutor. Secara keseluruhan kedua film dinyatakan lulus dengan beberapa perbaikan. Para peserta sangat bersyukur dan bergembira karena mendapat banyak pembelajaran dalam seluruh proses training ini. Para peserta mendapatkan tanda lulus berupa sertifikat.  Mereka juga berharap bahwa kerjasama internasional ini masih bisa dilanjutkan kembali pada waktu yang akan datang.  Mereka  kembali ke Dili untuk mengamalkan ilmu untuk Tanah Air yang mereka cintai.  (Peliput: Yoseph Ispuroyanto Iswarahadi SJ).

                                                                                                     ***

 

Berita Terbaru

LATIHAN BERKOMUNIKASI : Pelatihan Public Speaking untuk Kubina Sarasvita, 22-26 Januari 2024

LATIHAN BERKOMUNIKASI Pelatihan Public Speaking untuk Kubina Sarasvita, 22-26 Januari 2024           Setiap ...


PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN GURU-GURU YAYASAN KANISIUS CABANG YOGYAKARTA

PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN GURU-GURU YAYASAN KANISIUS CABANG YOGYAKARTA Laporan oleh Yoseph ...


Teater Rakyat sebagai Ruangnya para Pemberani dan Penyuara Kebenaran

Teater Rakyat sebagai Ruangnya para Pemberani dan Penyuara Kebenaran Setelah tiga ...


Foto Terbaru

Video Terbaru